Saat ini, Kosta Rika (Costa Rica) merupakan negara paling menyenangkan di bumi. Mengapa? Negara kecil di Amerika latin itu menjadi negeri paling ramah lingkungan di dunia. Angka harapan hidup dan kebahagiaan masyarakat Kosta Rika berbanding lurus dengan dampak lingkungan.

Penduduk Kosta Rika merupakan warga paling bahagia menikmati hidup. Indeks kebahagiaan dan harapan hidup penduduk negeri ini paling… tinggi di dunia. Dengan semboyan negara Pure Life (Pura Vida) masyarakat Kosta Rika benar-benar hidup damai dan bahagia denga berbagai aspek kehidupan yang ramah lingkungan.

Negara dengan tujuh provinsi di Amerika Tengah yang tidak memiliki angkatan bersenjata itu menurut sosilog Andrea Fonseca, masyarakat Kosta Rika bisa berbahagia karena negeri mereka benar-benar memberikan kebahagiaan. Penduduk di negara penghasil kopi itu memang sangat peduli lingkungan. Tetapi Fonseca mengingatkan bahwa kebahagiaan tidak bisa hanya dilihat dari angka harapan hidup dan kesehariannya berinteraksi dengan lingkungan.

Bulan Juli 2009 lalu, The New Economics Foundation (NEF) sebuah LSM di Inggris merilis sebuah survey. Jajak pendapat terhadap 143 negara tersebut menempatkan Kosta Rika senagai negara paling menyenangkan di dunia. Negara yang paling ramah lingkungan di bumi.

NEF menilai 143 negara yang menjadi rumah bagi 99 % populasi dunia. Dalam penilaiannya, lembaga ini melihat angka harapan hidup dengan dampak lingkungan. Jadi semakin bersih negara tersebut dari berbagai masalah lingkungan, akan semakin bahagia kehidupan masyarakat.

Dengan formula seperti itu, Costa Rica menjadi negara yang paling berbahagia dan paling hijau di dunia satu tingkat diatas Republik Dominika. Dalam survey ini, ada sembilan negara Amerika Latin yang masuk ke dalam sepuluh besar. Sementara itu, Australia menempati posisi ketiga, namun negara barat lainnya tidak ada yang mencapai posisi yang membanggakan. Inggris berada di peringkat 74 dan Amerika serikat di peringkat 114.

Survei tersebu menunjukkan bahwa angka harapan hidup penduduk Costa Rica mampu mencapai 78,75 tahu sementara 85% menyebutkan bahwa mereka merasa bahagia dan cukup puas dengan kehidupannya.

Di tahun 2006, survey yang sama juga dilakukan dengan menghasilkan Vanuatu sebagai negara yang paling bahagi di dunia. Disusul di tempat kedua yaitu Costa Rica.

Sebagai negara tropis dengan memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah dan kaya dengan keanekaragaman hayati, Indonesia mungkin perlu belajar dari Kosta Rika. Salah satu kuncinya, kesadaran memelihara lingkungan. (mustam arif/2/1/2010)

Iklan